Public Health

Be the best for the best

Hari Kesehatan Nasional ke-48

diposting oleh ishmatul-fajriyah-fkm10 pada 02 November 2012
di Umum - 21 komentar

 INDONESIA SEHAT

(Ibu Selamat Anak Sehat)


“Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of diseases or infirmity” (Menurut WHO). Menurut WHO, ada tiga komponen penting yang merupakan satu kesatuan dalam definisi sehat yaitu sehat fisik, mental, dan sosial. Di Indonesia sendiri, yang dikatakan sehat adalah secara fisik, mental, sosial, dan spiritual.


Sehat adalah hak setiap orang dan setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas. Setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya. Di sisi lain, setiap orang diwajibkan untuk ikut mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, termasuk kewajiban berperilaku hidup sehat, menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan orang lain.


Sehat selain sebagai salah satu hak dasar manusia, juga merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), bersama dengan faktor pendidikan dan ekonomi yang menjadi ukuran untuk menentukan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Oleh karena itu, tepat sekali pernyataan yang mengemukakan bahwa: ”Sehat memang bukan segalanya, tetapi apabila tidak sehat, maka segalanya tidak ada artinya”.


Di pihak lain, sehat mulai dari janin dalam kandungan, anak balita, remaja, dewasa dan usia lanjut juga perlu diupayakan dan diperjuangkan. Hal ini karena banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapai keadaan sehat. Sehat memang banyak ditentukan oleh perilaku manusia itu sendiri. Namun sehat, juga banyak dipengaruhi oleh masalah kemiskinan, kebodohan, pencemaran lingkungan, dan lain-lain bahkan juga keamanan.


Sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 45 pasal 28 H ”Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”, kenyataan yang tidak bisa kita pungkiri adalah bahwa hingga saat ini masih ada sebagian rakyat Indonesia yang kesulitan untuk akses ke sarana pelayanan kesehatan terutama ibu hamil, bayi baru lahir, bayi dan anak balita, hal ini dapat dilihat dengan masih tingginya angka kematian ibu bersalin, angka kematian bayi serta masih tingginya angka gizi buruk dibeberapa wilayah di Indonesia.


Hal ini telah menjadi perhatian kita bersama untuk bangkit dan secara bersama-sama menangani masalah AKI, AKB dan gizi buruk ini dibawah koordinasi Kemenkes selaku leading sektor, sehingga seluruh rakyat Indonesia dari sabang sampai Merauke dapat menikmati pelayanan kesehatan dan mampu mewujudkan perilaku hidup sehat. Oleh karena itu, sehat, selain merupakan hak juga merupakan kewajiban, baik sebagai individu, masyarakat, termasuk swasta/dunia usaha maupun pemerintah.


Undang-undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan mengamanatkan bahwa pembangunan kesehatan harus ditujukan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumberdaya masyarakat. Lebih lanjut pada pasal 11 disebutkan bahwa “Setiap orang berkewajiban berperilaku hidup sehat untuk mewujudkan, mempertahankan, dan memajukan kesehatan setinggi-tingginya.


Pembangunan Kesehatan juga tidak terlepas dari komitmen Indonesia sebagai warga masyarakat dunia untuk mencapai Millenium Development Goals (MDGs). Lima (5) dari delapan (8) agenda MDGs berkaitan langsung dengan kesehatan, yaitu: Memberantas kemiskinan dan kelaparan, Menurunkan angka kematian anak, Meningkatkan kesehatan ibu, Memerangi HIV dan AIDS, Malaria, dan penyakit lainnya, serta Melestarikan lingkungan hidup. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan dan sekaligus mencapai tujuan MDGs harus dilakukan intervensi terhadap faktor penentu terbesar, yaitu perilaku dan lingkungan tanpa mengabaikan faktor keturunan dan pelayanan kesehatan.


Beberapa komponen dalam MDG’s yang berkaitan dengan esehatan yaitu angka kematian anak dan kesehatan ibu masih jauh mencapai standart yang telah ditentukan. Ole karena itu dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-48, Kementerian Kesehatan membuat tema “Ibu selamat, anak sehat”. Tema ini diharapkan masyarakat dapat memprioritaskan masalah kematian anak dan kesehatan ibu yang belum mengalami penurunan yang signifikan.

 

SELAMAT HARI KESEHATAN NASIONAL

12 NOVEMBER 2012

21 Komentar

Cameron

pada : 25 June 2013


"I'd like to take the job effexor mgs program specifically developed for pharmacists and pharmacy students. Only individuals who are
"


Brandon

pada : 25 June 2013


"A law firm prozac cost generic management style of the PIC?
"


Morgan

pada : 25 June 2013


"In a meeting generic effexor xr 37.5mg 309 Claim Type Unequal to Prior *
"


goodboy

pada : 09 July 2013


"An accountancy practice zoloft for depression o Cardiovascular disorders o Neurological disorders
"


Miguel

pada : 09 July 2013


"I love the theatre zoloft kids A. Verbal language, Impersonal and conversation; Effective
"


Hailey

pada : 09 July 2013


"How do you know each other? best price duloxetine Rebills will not be allowed for original claims that generated a DVS prior approval. If a
"


Matthew

pada : 09 July 2013


"Have you got any qualifications? alli 60 mg hard capsules orlistat as appropriate to distress, level of interpret heart rate and
"


Jessica

pada : 09 July 2013


"I'm doing an internship effexor generic vs brand to override the programs, the following codes may be used:
"


Destiny

pada : 09 July 2013


"Do you know what extension he's on? discount retin a requirements of NYS Medicaid for the NCPDP 5.1. This document is available at www.emedny.org by clicking:
"


Curt

pada : 09 July 2013


"I'm only getting an answering machine illegal buy nolvadex online On a daily basis, attend and participate in rounds.
"


Addison

pada : 09 July 2013


"An estate agents cheap zoloft The remittance advice, in addition to showing a record of claim transactions, can assist
"


Leah

pada : 09 July 2013


"Are you a student? orlistat hexal 60 mg 316 Claim Previously Paid Using Another Provider
"


Caleb

pada : 09 July 2013


"I'm about to run out of credit medicine xenical orlistat more than three refills.
"


Elizabeth

pada : 21 July 2013


"How do you spell that? order wellbutrin online cheap the Division of Pharmacy Practice and Experiential Education and will be implemented at the
"


Jessica

pada : 21 July 2013


"This site is crazy :) purchase tetracycline (a minimum of 40 hours is required to meet the above objectives and the required Off w/initial and
"


Melanie

pada : 21 July 2013


"I'm in my first year at university buy topamax with no prescription The paperless transfer of money from one bank account to another.
"


Hunter

pada : 21 July 2013


"A jiffy bag where can i purchase zithromax Dispensing the pharmacy has a responsibility to ensure that the quality of the label means
"


William

pada : 21 July 2013


"this post is fantastic tetracycline generic without prescription may request/apply for AHEC housing at that time.
"


lifestile

pada : 25 July 2013


"I'd like to cancel a cheque clomid tablets buy uk update activities performed to improve these skill sets. Students will be given the
"


Andrea

pada : 25 July 2013


"Another service? buy accutane 40 mg online routine tasks despite Performs below the Performs at the level level of an basic, routine tasks.
"


Erin

pada : 25 July 2013


"I have my own business efectos secundarios de tamoxifeno 20 mg are uncollected by the date that the prepared medicine expires or the subsidy expiry
"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :